PWPB - Pertemuan 18 (ANALISIS)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salah sejahtera bagi kita semua...

    Hai semua, balik lagi di SekolahQue. Kali ini, kita tidak akan belajar mengcoding untuk sementara. Karena, tugas praktikum 19 ini saya akan menganalisis SITE MAP dan fungsi dari tiap-tiap mapnya. Jika kalian masih bingung apa itu sitemaps? 
    Sitemaps adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs dalam website. Dengan itu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan website pada umumnya, blog juga memerlukan sitemaps agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten didalamnya.Dalam sistem sitemaps ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah.
Pada dasarnya, langkah yang harus diterapkan oleh pengguna sitemap adalah.
  • Gunakan perangkat lunak untuk menciptakan peta situs (sitemap) dalam format XML Google.
  • Integrasikan dan unggah ke situs web.

Format sitemaps :
    Ada beberapa tipe atau format untuk sitemap, semua format tersebut ukuran makasimalnya adalah 50MB, dan maksimal untuk urlnya adalah 50.000, jadi jika website kalian memiliki ukuran atau url lebih dari itu, kalian bisa memecahnya menjadi 2 atau lebih.
Beberapa format yang dikenali oleh Google
  • xml
  • RSS, mRSS, dan Atom 1.0
  • Teks

Dibawah ini adalah sitemap dari salah-satu aplikasi e-commerce The F Thing. 


FUNGSI DARI TIAP MAP DI ATAS :


  • Home (halaman utama), fungsinya adalah menampilkan setiap produk baik itu best seller ataupun produk yang sedang trending.
  • Product (produk), fungsinya adalah menampilkan atau mengkategorikan setiap produk sesuai dengan model, type dan jenis. Dan di product terdapat dua kategori yaitu MEN (Pria) dan WOMEN (Wanita) yang berarti customer dapat melihat produk sesuai dengan kebutuhan baik itu pria ataupun wanita secara khusus. Serta, terdapat detail products yang menjelaskan dua jenis / kategori produk berbeda yang akan dibeli customer baik itu peralatan kecantikan (BEAUTY) ataupun Pakaian & accecories lainnya (FASHION). Tidak hanya itu, di The F Thing setiap produk dikategorikan berdasarkan model, jenis dan tipe. Seperti, clothing yang akan mengkategorikan semua produk yang di dalamnya berupa semua jenis pakaian,  sehingga terdapat banyak pilihan yang ingin customer beli. Sedangkan Batik, Shoes, Bag dan kategori yang lainnya akan mengkategorikan setiap produk yang telah di sesuaikan berdasarkan setiap jenisnya dan tipe produk masing-masing.
  • Features (Fitur), fungsinya menampilkan setiap fitur-fitur yang nantinya akan ditambahkan di home atau aplikasi tersebut. Contohnya seperti fitur free voucher yang fungsinya memberikan voucher belanja gratis kepada customer yang berhasil menjadi kategori pemenang, Letter F fungsinya menampilkan produk yang sedang diskon atau produk brand yang lainnya, Message (Pesan) yaitu untuk memberikan pesan / penilaian kepada admin The F thing bahwa apakah aplikasi tersebut memiliki kekurangan atau memberikan sebuah support terhadap aplikasi tersebut, sedangken Payment method fungsinya customer bisa memilih metode pembayaran yang akan dilakukan apabila akan bertransaksi. Future Public memperlihatkan acara apa yang akan digelar untuk memberikan support terhadap aplikasi The F Thing.
  • External content (Other pages), fungsinya menampilkan setiap halaman-halaman lain aplikasi The F Thing seperti Facebook, YouTube, Instagram, Twitter, yang digunakan sebagai strategi marketing agar menarik perhatian para customer melalui social media. Sedangkan di musik The F thing memiliki suatu akun khusus bagi para customer yang ingin mendengarkan koleksi-koleksi musik The F Thing.

Sekian dulu ya guyss...
Maaf kalo pembuatan atau analisis sitemap yang kurang jelas...
Terus mencoba dan rajin belajar...

Assalamu'alaikum Wr. Wb.



Komentar

Loading...

Postingan Populer